Tantangan Lama VS Tantangan Baru KPU

 Tantangan Lama VS Tantangan Baru KPU

Oleh : Abdhy Walid Siagian




Komisi Pemilihan Umum 2022-2027 jadi bagian yang menentukan kualitas proses dan hasil Pemilu 2024. Para anggota KPU, harus mampu mengasilkan sejumlah kebijakan penyelenggaraan Pemilu yang dibutuhkan guna mengatasi berbagai tantangan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang amat kompleks.

Sebelum kita jauh membahas tantangan dari KPU itu sendiri, setidaknya kita harus mengetahui apa tugas dari KPU. Tugas dari KPU sendiri telah dijelaskan dalam Pasal 12 huruf c UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum. Bunyinya: menyusun Peraturan KPU untuk setiap tahapan pemilu.

Hal itu kemudian, jelas tampak bahwa sebelum pelaksanaan pemilu, harus ada peraturan dari KPU mengenai tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan. Berbagai tahapan yang harus dilaksanakan oleh KPU telah dimuat di dalam Pasal 167 ayat 4 UU 7/2017.

Jika melihat pada kondisi sekarang, yang menjadi sorotan permasalahan pada KPU adalah pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Padahal sejatinya pelaksanaan pemilu serentak pernah dilaksanakan pada 2019. Pemilu serentak merupakan amanah dari UU 7/2017 dan UU 10/2016. Hal ini lah yang akan dilihat apakah persoalan yang sebenarnya terjadi pada pemilu serentak tersebut.......Lanjut membaca

Posting Komentar

0 Komentar